Selasa, 11 Mei 2010

Pulau Socotra,Pulau Dengan Sejuta Keanehanan Keunikan

Pulau Socotra, apakah kalian pernah mendengar nama pulau yang satu ini? Ya, mungkin bagi sebagian orang memang belum pernah mendengarnya. Sepintas, jika kita melihat pantainya tampak seperti ciri pantai-pantai di Indonesia. Berpasir putih dengan kombinasi laut biru yang sangat indah.

Untouched ~ Socotra Island, Yemen by Martin Sojka.
Socotra, Yemen by Hoops&Yooyo.




Betulkan apa kata saya? Hmmm... tapi apakah saya hanya akan menjelaskan tentang pantainya yang indah saja? Tentu saja tidak. Justru topik tulisan saya kali ini akan mengulas tentang keanehan pulau tersebut.


Pulau Socotra terletak di Provinsi Hadramaut, Yaman. Jaraknya dari Jazirah Arab sekitar 380 km. Pulau terpencil ini memiliki luas 3.796 km2. Namanya berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti "Pulau Kebahagiaan".

Pulau Socotra sendiri sekarang menjadi pulau teraneh di planet bumi ini. Keanehannya dapat dilihat dari beberapa tumbuhan yang hidup di Socotra. 1/3 tumbuhan yang hidup disana dikategorikan sebagai flora endemis, yaitu tidak dapat ditemukan di belahan dunia manapun. Salah satu flora terkenal di Pulau Socotra adalah pohon darah naga (dracaena cinnabari), dinamakan darah naga karena menurut kepercayaan lama getah berwarna merah dari pohon tersebut merupakan darah naga. Ciri utama pohon ini adalah berbentuk seperti payung. Pohon ini digunakan untuk obat dan pewarna oleh penduduk aslinya. Adenium socrotanum yang terkenal akan kebesaran bonggolnya juga berasal dari Pulau Socotra. Selain flora endemis, juga terdapat fauna endemis di pulau ini seperti, Socotra Starling Onychognathus Frater, Socotra Sunbird Nectarinia Balfouri, Socotra Sparrow Passer Insularis,dan Grosbeak Socotra Rhynchostruthus Socotranus. Untuk lebih jelasnya, liat aja foto-foto berikut ini...

Dracaena cinnabari in Flowering by Edoardo Scepi.

Pohon darah naga yang sedang berbunga dan Adenium socotranum dengan bonggol raksasanya


Apakah anda mempunyai rasa untuk berlibur atau berkunjung ke Pulau Socotra? Eits, tapi tunggu dulu, sayangnya bukanlah sembarang orang yang boleh mengunjungi tempat ini. Dengan statusnya sebagai pulau teraneh di planet bumi ini dan terancam kepunahan, maka UNESCO menetapkan bahwa Pulau Socotra tidak boleh dijadikan tujuan wisata. Karenanya infrastruktur jalan mau pun bangunan hampir tidak ada. Bahkan satu-satunya jalan di Socotra baru dibangun sekitar 2 tahun yang lalu.Dengan begitu sudah dapat ditebak bahwa di Socotra tidak ada hotel satu pun.


Memang, pulau aneh yang terancam punah ini lebih baik untuk dilindungi daripada dijadikan tujuan wisata. Lagian, di mana lagi kita dapat melihat pohon darah naga yang aneh serta flora aneh lainnya selain di Pulau Socotra?

Sumber: http://rzqmzq.blogspot.com

1 komentar: