Sabtu, 08 Mei 2010

Tips Menghadapi Ujian

Berikut beberapa tips untuk anda dalam menghadapi ujian nasional maupun ujian semester,semoga tips ini dapat membuat anda lebih mudah untuk menyerap pelajaran yang diberikan.

Berikut beberapa tips yang semoga berguna untuk anda

1.Belajar
Belajar merupakan kunci utama dalam menghadapi ujian,belajar boleh dimana saja tetapi jangan sampai belajar merupakan beban pikiran,dan membuat anda menjadi stress.

2.Hindari bermain-main
Jika ada beberapa hari senggang yang diberikan guru dan dimaksudkan untuk belajar,sebaiknya anda belajar tetapi tetap santai (jangan tegang).Refreshing boleh saja dengan bermain-main/berjalan-jalan sebentar,tetapi tetap fokus kepermasalahan ujian.Usahakan belajar di kamar dan dalam keadaan sunyi,sebab pelajaran yang dipelajari mudah terserap otak,jangan sambil nonton tv.Ini kebiasaan sebagian besar orang yaitu belajar sambil nonton/dengerin Mp3

3.Selalu berdo'a
Usahakan untuk sholat malam/tahajud,selesai sholat berdo'a dengan sungguh2.Sebelum berangkat sekolah usahakan sholat dhuha dulu,dan meminta do'a dari orang tua.

4.Optimis bisa mengerjakan
Jika sudah mendekati masa2 ujian,menurut pengalaman saya,jangan terlalu membebani pikiran tentang ujian.Jangan sampai anda tidak bisa tidur gara2 memikirkan ujian,itu membuat anda tidak konsentrasi saat menjalani ujian.

5.Jangan takut untuk menjawab
Menurut pengalaman saya,jika saat ujian ada soal yang sangat sulit,sebaiknya dipikir matang2 untuk menjawabnya.Jika sudah dipikir2 tetap tidak ketemu jawabannya,ya pasrah saja tetapi pilih satu jawaban yang paling mendekati dengan benar,sebelum menjawab di LJK sebaiknya membaca basmalah.Cara paling mudah jika mendapati soal yang susah adalah melompati soalnya,dan mengerjakan dibawahnya dulu.

Sekian beberapa tips menghadapi ujian

BY:Maulid Ihsan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar